Breaking News
Jelaskan Apa Saja Fungsi Lagu Daerah

Jelaskan Apa Saja Fungsi Lagu Daerah (Berikan Contohnya Dari Masing-Masing Poin)

Jelaskan apa saja fungsi lagu darah? – Indonesia memiliki banyak daerah yang mana setiap daerahnya memiliki budaya, keunikan serta ciri khasnya masing-masing.

Kali ini kita akan membahas lagu daerah. Hampir setiap darah di indonesia memiliki lagu atau budaya masing-masing, lalu apa itu lagu daerah, ciri-ciri lagu daerah, serta apa fungsi dari lagu daerah itu?

Pengertian Lagu Daerah

Lalu, apa arti dari sebuah lagu daerah? Untuk pengertian sederhananya, lagu daerah merupakan sebuah musik atau lagu, yang tercipta, tumbuh dan berkembang sehingga menjadi populer disuatu daerah sehingga mudah dihafal oleh masyarakat daerah.

Pengertian dari lagu daerah itu sendiri sebenenarnya sama saja dengan lagu kebangsaan seperti Padamu Negeri, Indonesia Raya, Garuda Pancasila dan yang lainya. Hanya saja, jika lagu nasional menjadi identitas suatu negara sedangkan Lagu daerah lebih identik pada suatu daerah tertentu saja.

Lalu apa saja Ciri-ciri yang bisa membedakan antara lagu daerah dengan lagu lainya? Ciri-ciri lagu daerah yang paling menonjol adalah mengenai penjelasan dan Maknanya. Kebanyakan lagu daerah memiliki lirik yang menjelaskan tentang suatu hal, ciri, keadaan alam serta budaya dari daerah tersebut. Contohnya seperti keindahan pantai, gunung dan air terjun.

Salah satu contoh lagu Daerah yang menonjol dan popupler di indonesia adalah Lagu Suwe Ora Jamu yang berasal dari Daerah Istimewa Yogyakarta, serta Butet dari Provinsi Sumatera Utara dan masih banyak yanng lainya.

Selain itu juga, lagu darah biasanya menggunakan serta mengusung Bahasa daerah dalam liriknya. Misalnya Lagu Tradisional Jawa Barat yang menggunakan Bahasa Sunda.

Nah, lagu darah biasanya berfungsi dan digunakan dalam berbagai acara kebudayaan adat istiadat di darahnya masing-masing seperti acara upacara adat, peringatan sebuah peristiwa penting, kisah daerah serta mendeskripsikan secara mendalam daerah tersebut.

Nah untuk penjelasan yang lebih lengkapnya tentang lagu daerah, ciri-ciri serta fungsinya. Silahkan simak sampai selesai.

Ciri-Ciri Lagu Daerah

Seperti yang telah kita bahas di atas, salah satu ciri karakteristik utama dari Lagu Daerah adalah penggunaan bahasa daerah di dalam liriknya,

Namun tidak hanya itu saja, masih ada beberapa ciri-ciri yang lainya, diantaranya adalah sebagai berikut:

Sebuah Warisan Turun-Temurun

Lagu daerah yang diturunkan secara turun-temurun biasanya memiliki arti dan makna yang dalam, lagu daerah ini biasanya dibuat dengan tujuan akan digunakan dalam acara-acara adat atau momen tertentu seperti upacara adat, panen besar, merayakan keberhasilan dan sebagainya. Intinya, lagu ini akan dibawakan pada saat momen tertentu saja.

Dengan makna dan arti yang khusus, lagu daerah ini keberadaanya akan terus diwariskan dari generasi ke generasi berikutnya. Ini bertujuan agar kebudayaannya terus terjaga.

Bahkan, ketika musik terus berkembang mengikuti teknologi dan sektor musik yang terus berevolusi, banyak lagu-lagu daerah di-arangement ulang menjadi lebih modern, namun tidak merubah unsur dan maknanya.

Bahasa Yang Digunakan

Seperti kategorinya, lagu daerah pasti akan menggunakan bahasa daerah asalnya. Contohnya, Lagu Bubuy Bulan asal Jawa Barat, yang liriknya memakai Bahasa Sunda. Contoh lainya Lagu Soleram yang berasal dari Riau, yang liriknya menggunakan bahasa Riau (melayu).

Salah satu alasan kenapa Lagu daerah menggunakan Bahasa Daerah adalah untuk mengajarkan anak-anak bahasa daerahnya. Tentu saja hal itu sangat perlu, karena saat ini banyak Anak-anak yang tidak begitu tahu tentang bahasa daerahnya.

Alat Musik yang Digunakan

Mungkin saat ini yang kita lihat adalah alat musik yang lebih modern, yang dipergunakan untuk mengiringi Lagu-lagu pop. Namun alat musik saat ini sangat jarang digunakan untuk mengiringi Lagu daerah, entah apa itu alasanya.

Walaupun alat musik semakin berevolusi, saat pengiriman lagu adat biasanya menggunakan sederhana dan apa adanya yang berasal daeri daerah tersebut.

Jika di Jawa Tengah, alat musik gamelan hampir mengiringi setiap lagu daerah yang berasal dari Jawa Tengah. Alat musik Angklung yang berasal dari daerah sunda, dan alat-alat musik tradisional lainya.

Memiliki Syair dan Melodi yang Sederhana

Seperti pada umumnya, kebanyakan lagu darah menggunakan Syair dan Melodi yang sederhana, bahkan kebanyakan lagu daerah hanya menggunakan kurang lebih 2, 4 atau 6 bait saja, lalu diulang-ulang sampai beberapa kali.

Namun, ada beberapa lagu daerah yang pengulangannya memakai syair yang berbeda. Dengan menggunakan Melodi atau syair yang sederhana, membuat lagu daerah sangat mudah dihafal, dimainkan sehingga mudah diingat secara spontan.

Aliran Musik yang Digunakan

Untuk aliran musik yang digunakan, biasanya akan menyesuaikan dengan suku atau suatu etnis di darah tersebut. Misalnya Lagu daerah dari Jawa Timur menggunakan bahasa jawa dengan dialek Suroboyo-an, serta lagu Zapin yang berasal dari Provinsi Riau yang beraliran Melayu.

Apa Fungsi Lagau Daerah?

Setelah kita jelaskan tentang Ciri-ciri Lagu Daerah, sekarang kita akan belajar memahami tentang apa tujuan dengan adanya lagu daerah tersebut? apa fungsinya? apa manfaatnya?.

Ada beberapa fungsi yang memberikan dampak secara langsung atau tidak langsung untuk masyarakat. Berikut ini adalah beberapa fungsi lagu daerah:

Meningkatkan Kecintaan Terhadap Budaya

Fungsi utama dari lagu daerah mungkin adalah sebagai media untuk mempertahankan serta meningkatkan kecintaan masyarakat terhadap budaya yang diwariskan oleh leluhur. Sebuah pepatah mengakatan: “Lancar kaji karena diulang, Lancar jalan karena ditempuh”. Pepatah tersebut dapat dijadikan perumpamaan terhadap fungsi lagu daerah, karena apabila tidak disampaikan atau dinyanyikan serta ditampilkan, tentu eksistensi suatu budaya akan terus semakin memudar.

Tidak bisa di pungkiri jika Lagu atau musik merupakan salah satu media pembelajaran yang mudah diserap. Semakin lagunya dinyanyikan, adalah sebuah cara yang tepat untuk melindungi, melestarikan serta menjaga keberadaanya.

Sebagai Sarana / Media Belajar

Lirik lagu bisa menjadi sebuah sarana atau media untuk belajar terhadap generasi penerus. Banyak lagu yang liriknya mengajarkan tentang pembelajaran, seperti tentang tatakrama kehidupan, nama tokoh, sejarah dan yang lainya.

Sebagai Media Promosi

Lagu daerah juga bisa menjadi sebuah media untuk mempromosikan destinasi wisata atau keunikan suatu daerah dengan tujuan untuk menarik minat masyarakat, yang pada akhirnya akan meningkatkan ekonomi masyarakat daerah.

Sebagai contohnya, lagu daerah sering digunakan untuk mempromosikan tempat wisata. Lirik lagunya menceritakan tentang keindahan alam seperti gunung, air terjun, pulau, pantai dan berbagai pemandangan lainya.

Tidak sampai disitu saja, lagu daerah juga sering digunakan untuk mencerikan asal usul suatu objek, kisah-kisah kepahlawanan, serta menceritakan tokoh-tokoh yang membangun daerah tersebut.

Sebagai Pengiring Tari Tradisional

Untuk menambahkan kecintaan terhadap budaya, tidak hanya lagu saja yang terus dipentaskan. Biasanya, lagu daerah dipentaskan berbarengan dengan sebuah tari tradisional. Gerakan-gerakan tari tradisional tersebut memiliki menggambarkan sebuah makna dan tujuan tertentu.

Sebagai Identitas Daerah Bahkan Negara

Lagu daerah bisa menjadi sebuh identitas suatu daerah. Tidak hanya itu saja, beragam kebudayaan, suku, Lagu-lagu daerah di Indonesia sering menjadi suatu kebanggaan di mata internasional. Hal itu bukan tanpa alasan, kebudayaan, tari tradisional dan lagu sering di pentaskan di berbagai festival sekala internasional.

Sebut saja seperti pentas seni, panduan suara, drama teater dan yang lainya. Hal itu akan menjadi sebuah bukti yang disaksikan oleh seluruh Negara di Dunia bahwa Indonesia memiliki keanekaragaman dan kekayaan budaya.

Itulah jawaban atas pertanyaan Jelaskan Apa Saja Fungsi Lagu Daerah, contoh, makna hingga Ciri-ciri lagu daerah di Indonesia.